Saturday 16 November 2013

 

Sejarah Jaringan Komputer Global (Dunia) dimulai pada tahun 1969, ketika departemen pertahanan Amerika Serikat membentuk Defense Advance Research Projects Agency (DARPA) yang bertujuan mengadakan sebuah riset mengenai "cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk sebuah jaringan organik". Program riset ini dikenal dengan sebutan ARPANET (Andvance Research Project Agency Network). Pada 1970, lebih dari 10 komputer telah berhasil dihubungkan (satu dengan yagn lain), saling berkomunikasi, dan membentuk sebuah jaringan.

Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk riset ARPANET. Pada tahun yang sama, icon [@] diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau  "pada". Tahun 1973, jaringan komputer yang diberi nama ARPANET mulai dikembangkan meluas sampai ke luar Amerika Serikat. Komputer di University Colloge di London merupakan komputer di luar Amerika yang pertama menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama pula, dua orang ahli komputer Vilton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar yang menjadi cikal bakal pemikiran International Nerwork. Ide ini dipresentasikan untuk pertamakalinya di Sussex University.
  

Hari bersejarah berikutnya terjadi pada tanggal 26 maret 1976. Ketika itu, Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signal and Radar Estabilishment di Malvern. Setahun kemudian, lebih dari 100 komputer telah bergabung dalam sistem ARPANET dan membentuk sebuah jaringan atau network.

Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network). Pada tahun 1981, France Telecom menciptakan sebuah gerbakan baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama di dunia (orang dapat saling menelepon sambil berinteraksi dengan video link).

Seiring dengan bertambahnnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui oleh semua jaringan. Untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk sebuah komisi Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan Internet Protocol (IP) yang kita kenal samoai saat ini.


Sementara itu, di daratan Eropa mencul sebuah jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Europe Network (Eunet) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan Eunet ini menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat jaringan yang sudah ada, pada tahun 1984 diperknalkan sistem dengan nama domain yang lebih dikenal dengan Domain Name System (DNS). Dengan sistem DNS, komputer yang tersambung dengan jaringan melebihi 1.000 komputer. Pada tahun 1987 diperkirakan komputer yang tersambung ke jaringan tersebut melonjak 10x lipat menjadi 10.000 komputer lebih.

Tahun 1988, Jarkko Oikarinen berkebangksaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau IRC yang memungkinkan dua atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dang pengiriman pesan (chatting). Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling terhubung melonjak 10 klai lipat. Tak kurang dari 100.000 komputer membentuk sebuah jaringan.

Pertengahan Tahun 1990 merupakan tahun yang saling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah program editor dan browser yang dapat menjelajahi komputer yang satu dengan komputer yang lainnya yang membentuk jaringan. Program inilah yang disebut www atau word wide web.

Tahun 1992, komputer yagn saling tersambung membentuk jaringan seudah melampaui lebih dari satu juta komputer. Pada tahun yang sama muncul satu istilah yang beken, yaitu surfing (menjelajah). Tahun 1994, situs-situs di dunia maya mulai tumbuh dengan subur (setidaknya saat itu telah mencapai 3.000 alamat halaman) dan untuk pertama kalinya virtual shopping atau e-retail muncul di berbagai situs.

Dunia langsugn berubah dengan diluncurkan perusahaan search engine pertama, yaitu Yahoo! yang dibagun oleh David Filo dan Jerry yang pada bulan April 1994. Netscape Navigator 1.0. diluncurkan di penghujung tahun 1994.

Aduch,, capek juga nulis artikel sebanyak ini,, dan akhirnya, sampai disini saja Catatan IT yang bisa saya share pada kesempatan kali ini, tentang Latar Belakang dan Sejarah Jaringan Komputer dan semoga bermanfaat...!

Categories:

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!