Saturday 16 November 2013


Jaringan Komputer (Computer Network) dapat diartikan sebagai koneksi dua atau lebih komputer yang dihubungkan dengan menggunakan sebuah sistem komunikasi.

Sistem Komunikasi
Sistem Komunikasi merupakan sebuah sistem yang selalu membutuhkan medium sebagai pembawa sinyal (carrier). Medium pembawa sinyal sistem transmisi dapat berupa kabel, gelombang elektro magnetik (RF), cahaya,atau perantara lainnya. Untuk menyampaikan sebuah data, sistem komunikasi membutuhkan sebuah aturan (role atau protocol). Sistem Komunikasi sendiri adalah sebuah sistem kompleks yang dibagun dari tiga komponen utama, yaitu medium transmisi, carrier, dan protocol.

Protokol Komunikasi
Protokol Komunikasi (Communication Protocol) merupakan satu set aturan yang dibuat untukmengontrol pertukaran data antar node (misalkan, komputer). Proses yang menjadi fokus pengontrilanadlaah proses initialisasi, verifikasi, cara berkomunikasi, dan cara memutuskan komunikasi.

Perbedaan Jaringan Komputer dan Komunikasi Data
Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang menggunakan komunikasi data, tetapi lebih meningkatkan arti dari tiap bit saat proses pengiriman data sampai diterimanya data secara sempurna di komputer yang menjadi tujuannya. Komunikasi Data lenih cenderung memperhatikan keandalan serta efisiensi transfer sejumlah bit-bit dari satu titik (komputer 1) ke komputer lainnya.

Perlunya Jaringan Komputer
Pada awalanya, komputer di definisikan sebagai sistem kompak yagn terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), sedangkan manusia menempati posisi sebagai otak sistemnya (brainware). Saat ini sebuah sistem komputer dipandang sebagai perangkat keras, perngkat lunak, dan jaringan, serta manusia tetap berposisi sebagai pembagun sistem yagn memberi perintah dan menjaga keseluruhan sistem. Nah... disini Anda dihadapkan pada pemikiran, sejauh mana tingkat kebutuhan Anda terhadap jaringan komputer : butuh, perlu, atau penting.

Categories:

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!